Entri Populer

Selasa, Mei 31, 2016

PERGESERAK KURVA PERMINTAAN


TUGAS TEORI EKONOMI MIKRO I
PERGESERAN KURVA PERMINTAAN DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERGESERAN
Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0300840.wmf















DISUSUN OLEH :
1.     ALMINCE YAKITOMAGA ( 20150411024018)
2.     DELVIANA KAMBU  (20150411024078)
3.     HARYANI IRIANTI (20150411024088)
4.     MUHAMMAD RAMADHAN (20150411024020)
5.     SAMGAR S. HELAKOMBO (20150411024008)
6.     YEHESKIEL HEIN KAWAY (20150411024064)



JURUSAN ILMU EKONOMI
PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS CENDERAWASIH

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN
1.      PERILAKU KONSUMEN / SELERA KONSUMEN
Misalnya saat ini handphone blackberry sedang menjadi trend dimasyarakat sehingga permintaan terhadap barang ini mengalami kenaikan. Namun beberapa tahun kemudian, blackberry dianggap sudah kuno karena bermunculan handphone baru yang lebih canggih dan lebih moderen, akibatnya permintaan terhadap handphone blackberry akan berkurang.
2.      KETERSEDIAAN HARGA DAN BARANG SEJENIS PENGGANTI DAN PELENGKAP
Jika roti tawar mengalami kenaikan harga/mahal, bahkan mengalami kelangkaan, barang pelengkapnya seperti keju, meises, dan selai akan mengalami penurunan permintaan karena daya beli konsumen yang rendah. Namun jika sebaliknya, yakni disaat harga roti murah tentunya permintaan terhadap barang pelengkap pun akan bertambah.
3.      PENDAPATAN / PENGHASILAN KONSUMEN
Orang yang memiliki gaji atau tunjangan besar tentunya dapat membeli banyak barang sesuai dengan kemampuan/daya belinya. Tetapi jika tunjangan yang dimiliki justru kecil, orang akan lebih memiliih untuk menghemat penggunaan barang, sehingga jarang membeli.
4.      PERKIRAAN HARGA DIMASA DEPAN
Barang/jasa yang diperkirakan harganya akan naik di kemudian hari, akan membuat konsumen untuk lebih memilih membelinya saat harga masih cenderung normal/murah. Sehingga sebelum harga barang/jasa tersebut benar-benar naik, permintaan akan meningkat.
5.      BANYAKNYA/INTENSITAS KEBUTUHAN KONSUMEN
Saat bencana kabut asap yang baru-baru saja terjadi di Indonesia, banyak penyakit yang bermunculan. Mulai dari gangguan pernapasan, penglihatan, hingga penyakit berbahaya lainnya. Karenanya permintaan terhadap masker meningkat tajam untuk menghindari berbagai macam penyakit tersebut.

PERGESERAN KURVA PERMINTAAN
Selain pergerakan, kurva permintaan juga bisa mengalami pergeseran, baik ke kanan maupun ke kiri. Pergeseran ini terjadi karena berubahnya jumlah produk yang diminta konsumen sebagai akibat dari berbagai faktor kecuali faktor harga produk tersebut.
Contoh :
Pendapatan Konsumen
Untuk barang normal, apabila pendapatan konsumen meningkat, maka jumlah barang yang diminta akan meningkat pula dan kurva permintaan akan bergeser ke kanan.
Sedangkan untuk barang inferior, apabila pendapatan konsumen meningkat, maka jumlah barang yang diminta akan turun dan kurva permintaan akan bergeser ke kiri.
Apabila digambarkan dalm sebuah kurva, berturut-turut adalah sebagai berikut :
 
Pergerseran Kurva Permintaan ke kanan (barang normal)

Pergeseran Kurva Permintaan ke kiri (Barang Inferior)


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERGESERAN KURVA PERMINTAAN
1.      PERUBAHAN TINGKAT PENDAPATAN PENDUDUK
Apabila tingkat pendapatan bertambah dan harga barang tetap, ada kemungkinan permintaan terhadap barang/jasa meningkat.
2.      PERUBAHAN JUMLAH PENDUDUK
Bertambahnya penduduk akan menimbulkan bertambahnya kebutuhan berbagai macam barang/jasa, sehingga permintaan akan bertanbah.
3.      SELERA PENDUDUK
Berubahnya selera penduduk dari satu barang/jasa ke barang/jasa yang lain dengan harga yang sama, akan mengakibatkan permintaaan mengalami naik dan turun.
4.      HARGA BARANG SUBSITUSI
Munculnya barang subsitusi dengan harga yang lebih rendah, akan mendorong konsumen untuk lebih memilih barang subsitusi.
5.      FAKOR LAIN (HARAPAN, HUBUNGAN SOSIAL DAN POLITIK)
Harapan, Hubungan Sosial, dan Politik pada saat stabil akan mengarah pada kemakmuran sehingga masyarakat mampu meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya mendorong pada peningkatan permintaan barang/jasa.

Tidak ada komentar: